Menerapkan Batu Alam Untuk Dinding Luar

Trend gaya hidup alami rupanya tak hanya berdampak pada cara hidup masyarakat saja tetapi hingga ke hunian mereka. Hal ini terbukti dari meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan BATU ALAM UNTUK DINDING LUAR. Dengan bahan alami ini kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah membuat suasana rumah lebih sejuk dan lebih dekat dengan alam. Batu alam juga cocok diterapkan pada hunian minimalis modern khas wilayah perkotaan karena akan memberikan kesan menenangkan seolah sedang berlibur ke daerah pedesaan atau pinggiran kota.
JUAL MURAH BATU ALAM UNTUK DINDING LUAR
JUAL BATU ALAM UNTUK DINDING LUAR

SEKILAS TENTANG BATU ALAM UNTUK DINDING LUAR

Menggunakan batu alam sebagai bagian dari eksterior rumah Anda termasuk dinding juga dapat memberikan kesan kokoh dan kuat pada istana Anda. Selain penggunaan batu alam untuk dinding luar Anda juga dapat menerapkan batu alam tersebut sebagai pilar, pagar, dinding taman, hingga lantai. Penggunaan batu alam pada rumah juga dapat memenuhi fungsi estetika atau menambah keindahan suasana rumah Anda.

Baca Juga: Batu alam dalam

Tujuan ini dapat diwujudkan dengan penerapan ornamen pada dinding yaitu pemilihan pola batuan yang sesuai dengan konsep rancangan rumah serta selera Anda. Pada penyalur batu alam baik pada toko konvensional atau pun online shop Anda dapat memilih batuan dengan motif yang Anda inginkan untuk membentuk ornamen yang cantik pada eksterior rumah Anda.

Menerapkan batu alam untuk dinding luar adalah pilihan yang tepat untuk memberikan sentuhan estetika dan keindahan pada rumah atau bangunan. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam menerapkan batu alam untuk dinding luar:

Memilih jenis batu alam yang tepat
Pilihlah jenis batu alam yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, serta sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar rumah. Misalnya, batu alam yang tahan cuaca dan tahan air untuk daerah yang sering hujan.

Menyiapkan permukaan dinding yang akan ditempeli batu alam
Pastikan permukaan dinding sudah bersih, kering, dan rata sebelum ditempeli batu alam. Jika perlu, perbaiki atau haluskan permukaan dinding terlebih dahulu.

Memasang rangkaian batako atau hollow
Sebelum menempelkan batu alam pada dinding, pasanglah rangkaian batako atau hollow terlebih dahulu. Ini bertujuan agar batu alam tidak menempel langsung pada dinding, sehingga akan lebih awet dan kokoh.

Menggunakan lem khusus batu alam
Gunakan lem khusus batu alam untuk menempelkan batu alam pada dinding. Pastikan lem yang digunakan tahan air dan kuat menempel pada batu alam.

Menggunakan sealant
Setelah pemasangan batu alam selesai, gunakan sealant untuk melindungi dan menjaga keawetan batu alam. Sealant juga dapat membantu mencegah air dan kotoran menempel pada batu alam.

Merawat dan membersihkan batu alam secara berkala
Agar batu alam tetap terlihat indah dan awet, perlu melakukan perawatan dan pembersihan secara berkala. Pastikan tidak menggunakan produk pembersih yang berbahan kimia keras yang dapat merusak batu alam. Gunakanlah air dan lap basah untuk membersihkan batu alam.

PEMASANGAN BATU ALAM

Untuk memasang batu alam menjadi dinding luar rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran dan pola batuan tersebut. Untuk bahan dan perekat juga harus dipilih secermat mungkin agar batu alam bisa melekat kuat serta awet pada dinding rumah Anda. Yang berpengaruh untuk menciptakan kondisi tersebut adalah kualitas semen.

Sebelum memasang batu alam untuk dinding luar sebelumnya batuan harus direndam dahulu di dalam air. Perlakukan ini sangat penting karena batuan alam dikenal mempunyai pori-pori yang besar sehingga bila langsung dipasang pada dinding beresiko mudah lepas dalam waktu singkat. Untuk memasang batu alam secara manual, Anda harus membersihkan dinding terlebih dahulu baru kemudian melakukan pemasangan dengan perekat khusus. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya Anda memang menggunakan jasa tukang yang profesional dan berpengalaman dalam bidang tersebut.

Setelah sedikit banyak mengetahui tentang ornamen batu alam, Anda juga sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawat dinding batuan di rumah Anda. Karena berada di luar ruangan dan terkena hujan atau terpaan terik matahari selama bertahun-tahun tentu lama-kelamaan dinding rumah akan kusam. Untuk mengembalikan warna batuan ini ke kondisi semula, membersihkannya dari lumut, atau melepas coating yang sudah terpasang demi menjaga keindahan hunian Anda ada cara tertentu yang dapat Anda coba.

Pertama, siapkan bahan-bahan berupa larutan HCL dan air secukupnya. Untuk peralatan pembersih yang diperlukan adalah wiper karet dan mesin buffing. Siramkan air untuk membersihkan debu pada dinding kemudian percikkan larutan HCL ke bagian tersebut. dengan mesin buffing yang berlandasan sikat, gosok bagian dinding yang bernoda hingga kekusamannya hilang. Siramkan air sekali lagi untuk membersihkan cairan HCL dan hilangkan sisa air dengan wiper karet. Tidak sulit, bukan? Gunakan sarung tangan karet serta pelindung wajah untuk menghindari kecelakaan kerja akibat terpercik larutan kimia HCL.

Nah, demikianlah hal-hal penting yang perlu Anda ketahui dalam penggunaan BATU ALAM UNTUK DINDING LUAR semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang berguna dalam membangun hunian sesuai impian Anda.

Masukan Email Anda Untuk Mendapatkan Info Koleksi Batu Alam Terbaru:

0 Response to "Menerapkan Batu Alam Untuk Dinding Luar"

Posting Komentar